Surga Tersembunyi Di Pesawaran, Wajib Kesini!

Impian setiap traveler adalah berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki keunikan, keindahan, dan sesuatu yang dapat dikenang dengan baik. Sebagai seseorang yang menyukai traveling, saya sering memantau dan melihat tempat-tempat yang indah dan luar biasa di media sosial saya. 

Seperti halnya ketika saya pertama kali melihat foto ini di instagram, rasa penasaran saya langsung memuncak.

Sumber Gambar : Instagram @lululeonita

Dimanakah Pulau Pahawang itu berada? Itulah pertanyaan pertama kali terlintas di pikiran saya. Akhirnya setelah berselancar di Google, dapat juga beberapa referensi mengenai daerah ini.

Tentang Pulau Pahawang

Pulau Pahawang ternyata berada di Provinsi Lampung, tepatnya di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran travelers. Selain terkenal dengan Taman Nasional Waykambas dan Anak Gunung Krakataunya, Lampung juga memiliki surga tersembunyi yang begitu eksotis seperti Pulau Pahawang ini ya.

Luas Pulau Pahawang ini sendiri sekitar 1.084 hektar, jadi gak heran di Pulau Pahawang terdapat kurang lebih 400 kepala keluarga yang bermukim di sini. Jadi, jangan khawatir buat travelers yang merasa ketakutan jika pulau yang dikunjungi tidak memiliki penghuni. 

Ada Apa Di Pulau Pahawang?

Bagi travelers yang menyukai snorkeling seperti saya, Pulau Pahawang harus ada di catatan traveling yang harus saya kunjungi jika berada di Lampung nanti. Dengan keindahan bawah lautnya yang masih alami dan terawat dijamin kita gak akan mau pulang dari Pulau ini. 

Katanya nih Pulau Pahawang juga memiliki pasir putih alami yang aman untuk anak-anak jika bermain di sekitar pantainya, selain itu juga disekitar Pulau Pahawang terdapat hutan bakau yang masih alami dan terawat dengan baik, ini menambah kesan eksotis nya Pulau Pahawang travelers.

Bagaimana Cara Berkunjung dan Berapa Tarif Ke Pulau Pahawang?

Dari hasil selancar di internet, saya menemukan bagaimana cara ke Pulau Pahawang ini travelers. Untuk bisa sampai ke Pulau Pahawang ini kita harus melalui Dermaga Ketapang. Disini sudah banyak kapal sewa yang siap mengantarkan kita untuk sampai ke Pulau Pahawang. 

Untuk tarif sewanya berkisar antara Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000 pulang pergi, ini tergantung banyaknya wisatawan dan tawar menawar yang kita berikan travelers. Tapi usut punya usut, ternyata ada 3 pulau disini, diantaranya Pulau Kelagian dan termasuk Pulau Pahawang ada dua, Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil, dan ini bisa kita jelajahi seharian menggunakan kapal yang telah disewa tersebut loh.

Untuk biaya masuk ke Pulau Pahawang ini gratis. Kita hanya dikenakan tarif kurang lebih Rp. 40.000 untuk biaya kebersihan dan masuk ke pantai. Biaya ini akan jauh lebih murah jika kita berangkat secara berkelompok karena akan menghemat biaya sewa perahunya travelers.

Kenapa Wajib Kesini?

Sangat wajib dan  recomanded banget buat kita nih yang belum pernah ke Lampung tepatnya ke Kabupaten Pesawaran untuk singgah ke Pulau Pahawang minimal sekali seumur hidup.

1. Pulau Pahawang Masih Asri

Pertama kali melihat postingan foto di instagram, saya kira ini berada di Raja Ampat, Papua, ternyata dugaan saya salah besar. Itu ternyata adalah Pulau Pahawang yang ada di Kabupaten Pesawaran.

2. Pasir Putihnya Euy, Ajaib!

Setiap kali berada di pantai, tidur di atas pasir putih memiliki sensasi yang begitu berbeda, ditambah desiran ombak dan angin semilir di bawah pohon rindang, euy amboy!

3. Snorkeling Buat Lupa Daratan

Menjelajahi bawah lautnya Pulau Pahawang bertemu dengan jutaan ikan dan ribuan karang warna-warni rasanya lupa untuk kembali ke daratan. Asiknya menikmati keindahan laut dengan ditemani puluhan ikan akan membuat siapa saja lupa akan waktu apalagi untuk mengakhiri kegiatan yang membuat semangat. Jadi tidak heran jika snorkeling bisa membuat siapapun saja enggan cepat naik ke daratan.

Pulau Pahawang jadi salah satu destinasi wajib untuk saya kunjungi jika suatu saat menginjakkan kaki di Lampung. Indonesia kaya akan alamnya, jangan sampai terlewatkan untuk menikmatinya, dan ingat hanya ada dua hal yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, JEJAK KAKI dan KENANGAN, salam traveler ulung.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s