5 Langkah Aman Mengatur Keuanganmu Di Usia Muda

Seperti kata penggalan lirik lagu terkenal “masa muda adalah masa yang berapi-api” masa dimana kebebasan, keinginan untuk mencapai cita-cita dan arah hidup lebih baik semakin besar. Diusia muda sekarang ini pula banyak kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan yang harus segera diperbaiki.

Sebagai salah satu perantauan di kota orang, saya mencoba berbagi pengalaman bagaimana mengatur keuangan secara tepat diusia muda untuk langkah kedepan yang lebih baik.

1. Buat Prioritas Pengeluaran

Setiap manusia harus memiliki prioritas dalam hidupnya untuk menentukan langkah apa yang akan diambil kedepannya. Sama halnya dengan keuangan, kamu harus membuat prioritas pengeluaran apa saja yang wajib dan perlu kamu keluarkan di setiap bulannya untuk mengontrol dan memantau pengeluaran yang telah dikeluarkan selama sebulan terakhir.

Seperti halnya yang saya lakukan, saya selalu membuat catatan pengeluaran setiap hari dan membuat skala prioritas kebutuhan yang saya butuhkan selama satu bulan. Saya membaginya menjadi dua hal.

  • Kebutuhan primer (meliputi ongkos transportasi, biaya makan dan minum)
  • Kebutuhan sekunder dan tersier (meliputi kebutuhan mobil, motor, perhiasan dan lain sebagainya)

Sebagai catatan, dalam menuliskan prioritas pengeluaran, sebaiknya kamu tuliskan secara detail dan menyeluruh agar kamu dapat memilih mana yang lebih tepat kamu keluarkan terlebih dahulu.

2. Membuat Pos Keuangan

Setelah mengetahui pengeluaran apa saja yang akan kamu keluarkan selama satu bulan ke depan. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat pos-pos pengeluaran. Maksudnya adalah kamu harus memisahkan uang untuk kebutuhan primer, sekunder dan tersier. 

Dalam hal ini, saya membagi pos-pos pengeluaran menjadi lebih kecil seperti menyiapkan uang untuk kebutuhan makan sehari-hari, ongkos transportasi, sampai membuat pos untuk membeli perlengkapan kebutuhan mandi.

Usahakan uang tersebut diletakkan ditempat yang berbeda dan diberi tanda agar tidak tertukar dan lupa, jadi kamu bisa mengambil nya sesuai dengan kebutuhanmu. Dan selalu biasakan untuk tidak mengambil dari pos keuangan yang lain jika pos keuanganmu kekurangan. Kamu harus memiliki strategi yang baik dalam memanage keuangan posmu.

3. Tabung Dulu!

Sebelum kamu melakukan kedua langkah tersebut, hal yang sangat wajib kamu lakukan ketika mendapat uang bulanan atau gaji adalah Ditabung Dulu!

Kenapa harus ditabung dulu? 

Sadar atau tidak, ketika kita sudah membagi keuangan sesuai dengan pos masing-masing kita pasti berfikir tidak ada uang yang bisa ditabung, tapi kali ini kita harus berfikir secara terbalik. Ketika uang yang kamu dapatkan kamu sisihkan sebagain untuk ditabung terlebih dahulu, maka sisa dari uang yang sudah ditabung dapat kamu bagi sesuai pos pengeluaran nya masing-masing.

4. Hemat

Hemat dalam hal ini bukan mengurangi kebutuhan kamu sehari-hari baik untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti makan atau juga mengurangi ongkos transportasi, tapi melainkan menggunakan barang-barang yang masih bisa digunakan kembali atau tidak mengeluarkan pengeluaran yang tidak perlu.

Banyak makna yang bisa kamu artikan jika membaca “hemat pangkal kaya”, namun percaya atau tidak, secara tidak langsung kalimat tersebut sangat benar adanya. Hemat bukan melatih kamu untuk pelit ataupun kikir dalam berbagi, tapi lebih kepada mengendalikan hasrat dan nabsu dalam mengontrol pengeluaran yang berlebihan.

5. Berinvestasi

Salah satu langkah aman dalam mengatur keuanganmu adalah dengan berinvestasi. Banyak investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mu. Salah satu investasi yang perlu kamu lakukan adalah dengan asuransi.

Asuransi di Indonesia saat ini telah banyak mengalami perkembangan. Baik dari segi produk, pelayanan, dan kualtias yang ditawarkan. Salah satu pilihan asuransi terbaik adalah Sinarmas MSIG Life. Sejak didirikan pada tanggal 14 April 1985, PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG telah memberikan produk yang berkualitas. Produk dari Sinarmas MSIG Life sendiri ada 3 yaitu :

  1. Produk Individu
  2. Produk Bank
  3. Produk Kumpulan

Ketiga produk ini dapat kamu lihat secara lengkap di www.sinarmasmsiglife.co id. Asuransi menjadi salah satu pilihan terbaik untuk memanage keuanganmu di masa depan. 

Sebagai anak muda yang memiliki cita-cita dan keinginan yang lebih, mengatur keuangan diusia muda adalah langkah yang tepat untuk menata kehidupan yang lebih baik, jadi jangan pernah lengah dan ragu untuk mengatur keuanganmu. Yuk, Atur Uangmu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s