Mencicipi Nikmatnya Nasi Lengko – Malang

Nasi Lengko

Jika kamu sedang liburan di Kota Malang, gak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini. Pertama kali saya diajak seorang teman untuk menikmati sarapan dengan menu yang berbeda dari biasanya yaitu dengan menyantap Nasi Lengko di daerah kampus Universitas Brawijaya. Awalnya mendengar nama Nasi Lengko saya fikir akan menikmati nasi dari daerah Padang karena nama “Lengko” dalam benak saya merupakan makanan khas Padang. Ternyata saya salah besar. Nasi Lengko atau juga disebut dengan Sega Lengko merupakan makanan khas masyarakat Cirebon, Indramayu, Tegal dan sekitarnya.

Nasi Lengko sendiri merupakan nasi putih yang diberi bahan-bahan 100% nabati, seperti adanya taburan tahu goreng, tempe goreng, timun mentah yang masing-masing dipotong kecil-kecil, tauge rebus, daun kucai, bawang goreng dan kesemuanya ditaburi dengan bumbu kacang yang mirip seperti bumbu rujak dan Nasi Lengko paling enak disantap ketika masih hangat.

Untuk rasanya sendiri seperti makan urap, hanya saja yang disantap merupakan nasi hangat bukan sayuran yang banyak. Rasa kacangnya sangat mendominisi karena taburan bumbu yang begitu memenuhi  Nasi Lengko itu sendiri. Untuk kamu yang tahan akan pedas, kamu juga dapat menambahkannya dengan sambal kecap sesuai dengan selera kamu. Nasi Lengko dipercaya mengandung protein yang cukup tinggi, ini dapat dirasakan dari adanya campuran tauge yang cukup banyak dan juga tidak adanya nabati dalam makanan tersebut.

Untuk menemani sarapan saya, saya sendiri menambahkan Nasi Lengko dengan campuran telur dadar dan juga bakwan yang masih hangat. Untuk minumnya sendiri saya memadukannya dengan Teh Manis hangat yang membuat perut saya semakin kenyang. Untuk harga satu porsi Nasi Lengko yang saya pesan hanya sekitar Rp. 9.000 sudah cukup murah untuk ukuran mahasiswa dan juga backpacker yang ingin menikmati kelezatan Nasi Lengko ini. Nasi Lengko ini hanya kamu temui di daerah kampus Universitas Brawijaya Malang, dan jangan heran jika kamu tidak kedapatan tempat duduk karena begitu ramainya pengunjung yang ingin menikmati Nasi Lengko, selain harganya yang murah juga  rasanya yang lezat.

Semoga ulasan ini bisa menjadi refrensi kamu untuk menikmati makanan yang kamu santap travelers, salam #FoodTraveling.

Leave a Reply

