Sabang, Surga Pariwisata Di Aceh

Ini adalah cerita perjalanan pertama saya bersama teman-teman ke Banda Aceh, selama beberapa hari di Banda Aceh membuat kami memutuskan untuk lanjut berlibur ke Pulau Weh, Sabang yang sangat terkenal dengan keindahan bawah laut dan keunikan tersembunyi yang wajib untuk di telusuri.

Perjalanan ke Pulau Weh, Sabang kami lalui selama kurang lebih 2 jam menggunakan kapal feri. Selama di perjalanan laut menuju Pelabuhan Balohan Pulau Weh, Sabang kami disuguhkan pemandangan yang luar biasa, laut yang luas dan beningnya laut biru memantulkan keindahan yang luar biasa. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan sekumpulan lumba-lumba yang akan berenang mengikuti jalannya kapal.

 

IMG_6536
Perjalanan menuju Pelabuhan Balohan Pulau Weh, Sabang

Sesampainya di Pelabuhan, kami segera mencari penyewaan transportasi yang membantu kami dalam menjelajah. Untuk penginapan, kami menginap di penginapan yang dekat dengan Pulau Rubiah dengan harga yang cukup ekonomis yakni hanya Rp. 100.000/malam.

Selama di Sabang, kita memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, karena waktu berlibur saya bersama teman-teman hanya 2 hari satu malam. Ada pengalaman yang unik selama berada di kota Sabang, kita tidak perlu khawatir untuk meninggalkan sepeda motor dimanapun karena tidak ada yang berani mencuri di kota Sabang, bagaimana tidak, pulau Weh, Sabang hanya dilalui 1 jalur yakni melalui pelabuhan dan jika ada terjadi pencurian sepeda motor sudah tentu akan segera tertangkap, jadi buat kamu yang ingin liburan ke Sabang, jangan khawatir akan tindak kejahatan.

Selama berada di Sabang, ada beberapa destinasi yang kami jelajahi, salah satunya adalah snorkeling di Pulau Rubiah.

 

Pengalaman snorkeling pertama ini sungguh luar biasa, jangan khawatir untuk kamu yang tidak bisa berenang, karena untuk keselamatan pengujung sangat diutamakan dan sebelum melakukan snorkeling sebaiknya kamu membiasakan diri dengan alat sebelum berenang ke laut. Selama snorkeling juga kita akan ditawarkan penyewaan kamera bawah laut jika kamu tidak memilikinya, jadi jangan khawatir jika momen ini tidak terekam dengan baik.

Selain snorkeling di pulau Rubiah, kami juga berkunjung ke ujung Indonesia, yaitu Kilometer O. Disini kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa dari laut biru yang begitu luas, sungguh ciptaan Tuhan yang luar biasa.

IMG_1967
Kilometer 0 Indonesia

Dan sebelum beranjak pulang, kami sempatkan untuk mengujungi air terjun Pria Laot yang tersebunyi di Pulau Weh, Sabang. Destinasi wisata ini hanya ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit.

Ada yang unik ketika ingin mengujungi Air Terjun Pria Laot ini, kami sama sekali tidak pernah mengunjugi destinasi wisata yang satu ini, karena rasa penasaran kami akhirnya kami bertanya dengan masyarakat sekitar yang ternyata memiliki tingat kesadaran yang cukup tinggi terhadap pengunjung. Jadi jika kamu yang tidak mengetahui destinasi wisata yang ada di Pulau Weh, Sabang jangan khawatir karena masyarakat sekitar akan memberikan kamu panduan destinasi wisata yang sangat memanjakan mata.

Perjalanan selama dua hari satu malam terasa sangat tidak cukup untuk menjelajah Pulau Weh, Sabang, tapi pengalaman ini tidak akan pernah terlupakan dan menjadi kenanga indah yang akan diceritakan ke anak cucu kelak.

Tips :

  1. Jika ingin berlibur ke pulau Sabang, tidak cukup rasanya hanya 2 hari saja, luangkan waktu lebih untuk menjelajah pulau Sabang.
  2. Jangan lupa untuk mencari tanggal kerangkatan yang tepat ketika ada event tertentu yang berlangsung di pulau Sabang, karena ada beberapa event yang sering diadakan pemerintah.
  3. Jangan khawatir untuk transportasi, di pelabuhan Balohan Pulau Weh, Sabang ada penyewaan mobil dan sepeda motor yang bisa digunakan selama menjelajah destinasi wisata.

Hanya ada dua yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, KENANGAN dan JEJAK KAKI, SALAM TRAVELER ULUNG :)

Advertisements

2 thoughts on “Sabang, Surga Pariwisata Di Aceh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s