Menikmati Susu Sapi Murni Di Berastagi – Sumatera Utara

Ini perjalanan yang saya lakukan bersama teman-teman pada tanggal 9 Februari 2016 kemarin, tujuan utama kami sebenarnya adalah ke Air Terjun Sipiso-piso untuk mengecek lokasi kegiatan fieldtrip, tapi karena melewati pasteurisasi susu sapi di Berastagi maka kami pun singgah sejenak untuk menikmati susu sapi murni. Sebenarnya ini kunjungan ke tiga saya ke pasteurisasi susu sapi, namun selama kunjungan itu saya tidak berkesempatan membeli susu sapi karena selalu kehabisan, baru kemarinlah bisa menikmati susu sapinya. Kami datang ke pasteurisasi pada pukul 2 siang, dan ternyata yang tersisa hanya susu sapi murni, untuk olahan susu lain sudah terjual habis.

Pasteurisasi susu sapi ini merupakan milik PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera (PT. PIMS) atau yang biasa disebut dengan nama Gundaling Farm. Lokasi untuk menuju ke pasteurisasi ini sendiri 4-5 kilometer dari pusat pasar Kota Berastagi atau jika ditempuh dari Medan ke pasteurisasi ini sekitar 2 jam lebih jika tidak dalam kondisi macet. Pasteurisasi ini sendiri buka pada pukul 8 pagi sampai jam 6 sore, namun untuk produk susunya sendiri tergantung produksi sapi yang ada dilokasi tersebut. Untuk rasa susu sapi murninya sendiri sangat nikmati tidak ada rasa amis seperti susu sapi pada umumnya.

Fasilitas :

Di pasteurisasi susu sapi ini terdapat 1 kamar mandi pria dan 2 kamar mandi wanita yang dapat digunakan secara gratis untuk pengunjung, namun disini tidak terdapat mushola namun jika kamu ingin sholat bisa di kantor pos satpam yang memiliki tempat cukup luas, karena ketika kami datang sudah masuk waktu sholat magrib setelah menanyakan kepada penjaga kami dipersilahkan untuk sholat di pos penjaga.

Biaya :

Untuk biaya yang perlu kamu keluarkan hanyalah pembelian susu sapi jika kamu ingin menikmati susu sapinya, tapi selebihnya gratis mulai dari tempat parkir sampai kamar mandi yang bisa kamu pakai secara gratis. Untuk harga susu sapi sendiri, seperti susu sapi murni 1 liternya seharga Rp. 15.000. Selain susu murni sebenarnya ada juga olahan susu sapi lainnya seperti yogurt namun ketika kami datang untuk harga produk lainnya tidak ditampakkan karena sudah habis terjual sebelum kami datang.

Tips :

  1. Jika ingin menikmati susu sapi dan olahannya, sangat disarankan untuk datang pada pagi hari sebelum jam 12, dikarenakan biasanya produk susu sapi sudah habis terjual oleh pengunjung yang datang lebih cepat.
  2. Sangat tidak dianjurkan untuk buang sampah sembarangan, buanglah sampah yang telah disediakan oleh pengelola.
  3. Jika anda tidak tahan bau dari sapi ada baiknya memakai masker, karena bau sapi akan terasa menyengat dikarenakan lokasi peternakan sapi tidak jauh dari area utama pintu masuk.

Hanya ada dua yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, KENANGAN dan JEJAK KAKI, SALAM TRAVELER ULUNG 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s