Pasar Maeklong Thailand Ada Di Indonesia!

Pada hari Jumat tepatnya tanggal 27 Januari 2016 saya dan rekan saya merencakana sebuah perjalanan singkat kesalah satu tempat di Sumatera Utara, yaitu di daerah Belawan. Berbekal informasi singkat dari teman bahwa di daerah Belawan terdapat pasar tradisional yang mirip dengan pasar tradisional Maeklong di Thailand. Nama pasar atau orang Medan menyebutnya Pajak adalah Pajak Pompa, kenapa dinamakan Pompa ternyata mempunyai sejarah, dulu di Pajak ini terdapat satu pompa minyak yang menjadi daya tarik konsumen untuk membeli kebutuhan minyak, lambat laun masyarakat lebih akrab memanggil pajak ini dengan sebutan Pajak Pompa walaupun sekarang tidak ada lagi yang berjualan minyak dan pompa tersebut hanya tinggal kenangan.

Dari Medan ke Belawan kami menggunakan transportasi angkutan kota dan berangkat sekitar jam setengah 10. Kami tidak pernah datang ke Pajak Pompa sebelumnya, berbekal informasi teman dan keberanian kami menereka-nerka dimana keberadaan Pajak Pompa. Sesampainya di Belawan kebingungan pun terjadi, karena kami melihat ada pajak yang berdekatan dengan rel kereta api kami pun berhenti. Kami coba tanya masyarakat sekitar ternyata kami berhenti ditempat yang benar. Tidak sulit menemukan Pajak Pompa ini, karena berdekatan dengan jalan utama. Kami sampai di Pajak Pompa sekitar pukul 11 siang, ternyata pedagang di Pajak Pompa sudah sedikit sepi karena biasanya jika datang disiang hari sudah banyak pedagang yang menutup dagangannya karena sudah habis.

Dagangan yang di jual di Pajak Pompa tidak jauh berbeda pada pajak tradisional pada umumnya, seperti sayuran, ikan, ayam dan sebagainya. Dan yang menarik perhatian kami adalah pedagang yang berjualan monja (baju/celana bekas) yang memiliki spot sendiri di pinggiran rel. Kami coba mengobrol dengan salah satu pedagang, seorang ibu yang berusia kurang lebih 50 tahun dan sudah berdagang disini lebih dari 20 tahun, dan beliau banyak cerita tentang pengalamannya dan juga tentang sejarah Pajak Pompa ini. Menurut beliau mereka bertahan berjualan di pinggiran rel kereta api karena dekat dengan jalan utama dan langsung dilihat oleh pembeli. Sebenarnya Pajak Pompa memiliki tempat berdagang yang jauh dari rel kereta api, namun masih ada beberapa pedagang yang nekat berjualan di pinggrian rel. Selama 20 tahun lebih Pajak Pompa berdiri beliau menuturkan belum pernah ada kejadian kecelakaan di Pajak Pompa. Kereta api yang biasa melewati Pajak Pompa ini bukanlah kereta api yang menganggut orang, namun kereta api barang yang menganggkut minyak, sawit dan sebagainya.

Karena kami datang kesiangan, kami menunggu kedatangan kereta api pada pukul setengah 3, menurut pedagang yang kami tanyai ada lagi kereta api yang akan lewat pada pukul setengah 3, jadi kami menunggu sampai kereta api lewat untuk mengetahui lebih dalam seperti apa suasana Pajak Pompa ketika kereta api lewat. Biasanya jadwal kereta api yang melewati Pajak Pompa ini datang 3 sampai 4 kali sehari dan para pedagang sudah terbiasa dan hapal dengan fasih jadwal kereta api lewat, jadi jika kereta api lewat, barang -barang dagangan yang berada di sekitaran rel buru-buru dipindahkan dan diletakkan di tempat yang aman, setelah kereta api berlalu aktifitas kembali seperti biasa dan dagangan para pedagang di letakkan kembali di bantaran rel.

Ternyata waktu yang ditunggu tiba juga, dari kejauhan sudah bunyi suara kereta api dan buru-buru para pedagang mengangkut dagangannya, saya juga mencoba ikut membantu untuk menuruni tenda yang menghalangi kereta api sebelum sampai. Ketika kereta api lewat sensasi yang kami rasakan sungguh luar biasa. Merasakan kereta api lewat di depan muka kita dengan suasansa Pajak yang biasa menjadi aktifitas sibuk tiba-tiba hening sejenak dan setelah kereta api berlalu aktifitas kembali seperti biasa tanpa ada kejadian apapun, sungguh pengalaman yang luar biasa.

Sayangnya, daerah Pajak Pompa masih belum sepenuhnya menjadi perhatian pemerintah daerah seperti banyaknya sampah yang berserakan dan tidak diangkut, padahal jika dikelola dengan baik Pajak Pompa bisa menarik wisatawan dengan keunikan yang dimilikinya. Kami berharap dengan ini para pedangan, masyarakat dan pemerintah daerah lebih sadar akan peluang wisata yang dapat menjadi daya tarik wisatawan. Sebelum kami kembali ke Medan dikarenakan hari sudah sore dan angkutan kota yang memiliki jadwal terbatas, kami sempatkan berbelanja 2 baju monja yang menurut saya murah dan memiliki kualitas yang bagus, lumayan untuk oleh-oleh di Medan hahaha.

Tips:

1. Jika ingin mengunjungi Pajak Pompa dan merasakan sensai kereta api lewat datanglah dipagi sekitar pukul 10 dan sore hari sekitar pukul setengah 3.
  2. Jangan lupa sediakan uang untuk berbelanja karena sayang rasanya jika sudah berada di Pajak Pompa tapi tidak membawa buah tangan.
  3. Jaga barang bawaan anda kemanapun anda pergi.
  4. Buanglah sampah di tempat yang telah disediakan.

Berikut adalah link video ketika kereta api lewat di depan muka kami :

Hanya ada dua yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, KENANGAN dan JEJAK KAKI, SALAM TRAVELER ULUNG πŸ™‚

4 thoughts on “Pasar Maeklong Thailand Ada Di Indonesia!

1. Wah seru gitu ada kereta api lewat !
    Suatu saat harus nih coba dikunjungi. Sayang agak kotor aja ya pasarnya, kurang dijaga kebersihannya sepertinya

Blognya menarik mas :))

1. Ia mas kurang terjaga kebersihannya, harapannya ini bisa menjadi perhatian pemerintah daerah dan bisa jadi daya tarik wisata, terima kasih mas πŸ™‚

1. terima kasih mbak widi, ia harapannya objek wisata unik yang ada di Indonesia bisa menjadi perhatian khusus masyarakat dan pemerintah.
      salam kenal juga mbak πŸ™‚