Tips Aman Menaiki Angkutan Kota (Angkot)

Angkutan Kota atau yang biasa disebut dengan angkot merupakan salah satu transportasi yang ada di Indonesia. Sejak akhir 1970-an angkot sudah berada di ibukota Jakarta dan perlahan mulai menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Angkot berbeda dengan transportasi lain seperti bus dan ojek. Angkot memiliki rute sendiri dan memberhentikan penumpangnya sesuai dengan permintaan penumpang begitu juga dalam menaikan penumpangnya.

Setiap daerah memiliki cara tersendiri mengetahui rute angkotnya, salah satu contoh di kota Malang, angkot dibedakan dengan warna angkot, sedangkan di kota Medan membedakan rute satu dengan rute lainnya dengan nomor yang tertempel di badan mobil. Buat kamu yang baru pertama kali atau sering menaiki angkot tapi kurang merasa nyaman dan aman, ini ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu terapkan :

  • Naik Dengan Kaki Kanan

Mungkin ini kedengaran sepele, namun sangat berdampak besar buat kamu. Naik dengan kaki kanan membantu kamu untuk menyanggah badan lebih kuat dan melangkah ke dalam angkot lebih mudah agar tidak menginjak kaki penumpang lain dan oleng saat naik.

  • Memakai Masker

Buat kamu yang tidak menyukai asap rokok ada baiknya untuk memakai masker sebelum masuk kedalam angkot, ini disebabkan masih ada beberapa penumpang yang tanpa kesadaran diri merokok di dalam angkot.

  • Sediakan Uang Pas

Sebelum menaiki angkot periksa terlebih dahulu ongkos kamu. Jika uang kamu tidak pas, lebih baik menukarkan terlebih dahulu dengan uang pas, agar kamu tidak terlalu lama dan repot ketika membayar ongkos. Selain itu juga tempatkan uang kamu dikantong baju atau ditempat yang mudah dijangkau ketika kamu ingin membayar.

  • Jangan Memainkan Handphone Terlalu Lama

Tanpa kita sadari memainkan handphone terlalu sering di dalam angkot memberikan peluang untuk kemu menjadi sasaran kejahatan di dalam angkot. Ada baikknya memainkan handphone ketika saat yang penting saja. Tidak perlu memainkan handphone terlalu lama apalagi suasana di dalam angkot sedang padat.

  • Duduk Di Depan/ Samping Supir

Untuk penumpang perempuan disarankan untuk duduk di depan supir atau jika sudah ada penumpang yang duduk di depan supir, carilah posisi yang tidak terlalu jauh dari pintu angkot, seperti dibelakang supir ataupun di dekat pintu. Ini memudahkan kamu untuk terhindar dari tindak kejahatan yang tidak diinginkan dan memudahkan kamu untuk keluar dari angkot jika ingin turun.

  • Jangan Menggunakan Perhiasan Yang Mencolok

Sebelum menaiki angkot pastikan kamu tidak memakai perhiasan yang menarik perhatian orang disekitar kamu. Tanpa kamu sadari, perhiasan yang mencolok memberikan peluang kepada orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

  • Perhatikan Orang Disekitar Kamu

Ketika berada di dalam angkot, pastikan kamu memperhatikan orang-orang yang ada di dalam angkot terlebih lagi orang-orang yang ada disamping kanan dan kiri kamu. Ini membuat kamu semakin waspada dan mengenali orang-orang yang ada di dalam angkot ketika ada tindakan yang tidak diinginkan.

Semoga tips ini dapat membantu kamu menikmati perjalanan dengan  salah satu transportasi umum di Indonesia. Salam #TravelerUlung!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s