Air Terjun Di Negeri Suah – Sumatera Utara

Kali ini saya akan menceritakan kisah perjalanan kami ke Air Terjun Negeri Suah yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Nama Negeri Suah sendiri di dapat karena terletak di desa Negeri Suah sehingga masyarakat sekitar menamai objek wisata ini dengan Air Terjun Negeri Suah. Perjalanan yang ditempuh dari Medan ke tempat air terjun ini kurang lebih tiga jam perjalanan menggunakan sepeda motor, ini dikarenakan baru pertama kali kami ke objek wisata Air Terjun Di Negeri Suah dengan berbekal informasi dari mulut ke mulut. Sesampainya di daerah Sibolangit kami menanyakan ke masyarakat mengenai letak objek wisata ini, dan alhamdullilah sebagian masyarakat mengetahui objek wisata ini dan menunjukkan arah lokasi yang tepat. Jadi buat kamu yang baru pertama kali pergi ke objek wisata tertentu jangan segan menanyakan ke masyarakat sekitar.

Perjalanan menuju ke objek wisata ini kami menggunakan sepeda motor dari Medan. Selama menuju lokasi, kami melewati jalan yang sebagian besar belum beraspal, rusak dan batu-batu kerikil terletak di jalan membuat kami mewaspadai diri saat berkendara. Jalanan yang akan dilalui pun merupakan jalanan menanjak dan menurun melewati bukit. Diperjalanan kami melewati salah satu objek wisata air terjun lainnya yaitu Sampuren Putih. Karena tujuan utama kami adalah menuju objek wisata Air Terjun Negeri Suah membuat kami meneruskan perjalanan karena masih ada sekitar 2 Km lagi untuk sampai ke objek wisata Air Terjun Negeri Suah.

Awalnya kami bingung dimanakah letak objek wisata Air Terjun Negeri Suah ini berada, dikarenakan kami belum menemukan masyarakat yang berada di sekitar jalan yang kami lalui, akhirnya bertemulah dengan salah satu masyarakat dan mengatakan bahwa kami sudah terlalu jauh melewati objek wisata ini (alias: Keterusan) sehingga kami harus putar arah menuju jalan yang kami lewati tadi. Ternyata papan penunjuk yang menandakan letak objek ini bertuliskan “Objek Wisata Sungai Dua Rasa” bukan “Air Terjun Negeri Suah” ini dikarenakan letak kedua objek wisata ini berdekatan sehingga hanya menunjukkan satu papan penunjuk saja.

Dari papan penunjuk ini kita akan melewati rumah-rumah masyarakat yang masih berupa rumah panggung yang masih berdiri kokoh. Sesampainya di lokasi objek wisata ini kita harus memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan masyarakat sekitar, lalu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan sekitar 5 menit menuju lokasi. Air Terjun Negeri Suah ini terletak di pinggir sawah masyarakat. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki kolam kecil dibawahnya membuat menarik para wisatawan untuk berkunjung dan merasakan dinginnya Air Terjun Negeri Suah. Untuk kedalaman air nya sendiri hanya sedalam leher orang dewasa membuat kita bisa menikmati air terjun secara langsung.

Tidak jauh dari lokasi air terjun ini ada salah satu jembatan unik yang wajib kamu kunjungi. Jembatan yang dibuat masyarakat ini berada di atas pohon dengan menggunakan bambu sebagai penghubung. Jembatan ini dibangun dibawah aliran sungai 2 rasa, jadi jika sudah berada di objek wisata ini dan tidak ke jembatan yang unik ini rasanya belum lengkap.

Akses :

Untuk menuju lokasi ini disarankan menggunakan sepeda motor yang memiliki performa yang baik, karena jalan yang akan dilalui sangat terjal. Untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya agak susah untuk melewati jalan menuju objek wisata ini, sebaiknya menggunakan sepeda motor.

Fasilitas :

Di Tempat wisata ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai seperti kamar mandi umum, mushola dan warung makanan. Namun untuk kamar mandi kamu bisa menggunakan rumah masyarakat sekitar.

Biaya :

Untuk berada di objek wisata ini, kamu hanya dikenakan biaya wajib parkir sebesar Rp. 5.000/kendaraan, selain itu juga di perjalanan menuju lokasi ini kamu akan dikenakan pungutan masyarakat seikhlasnya untuk memperbaiki jalan.

Tips :

  1. Gunakan sandal gunung atau sepatu yang nyaman, karena medan yang akan dilalui cukup terjal.
  2. Jangan lupa membawa sampah makanan yang kamu bawa ke objek wisata ini dikarenakan belum ada tempat sampah dan masih dikelola swadaya oleh masyarakat.
  3. Bawalah sarung atau kain lebar untuk mengganti pakaian kamu jika ingin menikmati air terjun ini.

Hanya ada dua yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, KENANGAN dan JEJAK KAKI, SALAM TRAVELER ULUNG 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s