Air Terjun Tanjung Raja – Sumatera Utara

Cerita perjalanan kali ini kami melakukan 3 trip sekaligus ke tempat wisata yang ada di Kecamatan STM Hulu Deli, salah satunya adalah Air Terjun Tanjung  Raja. Destinasi wisata Tanjung Raja ini terbilang masih baru, terlihat masih sedikit pengunjung wisata yang berkunjung dan juga fasilitas yang ada di tempat tersebut.

Ketika kami sampai di tempat wisata, untuk mobil tidak bisa naik ke atas tempat air terjun maka kami berjalan kurang lebih 5 menit menuju lokasi, namun untuk sepeda motor bisa langsung menuju lokasi ini dikarenakan medan yang dilalui berupa batu-batu alam dan belum beraspal. Air terjun Tanjung Raja ini tepat berada di bawah jembatan Lau Lutih. Jadi untuk menikmati air terjun lebih dekat kita harus turun dari jembatan dan berjalan kurang lebih 100 meter. Untuk jalan yang akan dilalui masih berupa jalan setapak yang dibuat warga sekitar untuk memudahkan wisatawan mengakses Air Terjun Tanjung Raja. Air di air terjun ini sendiri cukup jernih dan dingin, jadi buat kamu yang akan mandi siap-siap merasakan dinginnya Air Terjun Tanjung Raja.

Fasilitas :

Karena ini destinasi wisata yang baru pemekaran, jadi untuk fasilitas yang tersedia di tempat wisata Air Terjun masih belum ada, seperti mushola, kamar mandi dan warung-warung yang menjual makanan. Jadi sangat disarankan untuk travelers mempersiapkan segala kebutuhan sebelum ke Air Terjun Tanjung Raja.

Akses :

Akses perjalanan dari Medan ketempat tujuan kurang lebih 3 jam perjalanan. Kamu akan melewati banyak destinasi wisata, salah satunya adalah Danau Linting. Jika kamu sampai di tempat wisata Danau Linting maka 30 menit lagi kurang lebih akan sampai menuju tempat wisata Air Terjun Tanjung Raja.

Untuk jalan yang akan dilalui masih belum beraspal, jadi sangat disarankan untuk berhati-hati apabila sedang dalam keadaan hujan karena selain jalanan menjadin licin, jalan yang kamu lakukan juga berlumpur. Untuk travelers yang ingin menuju lokasi ini, lebih baik menggunakan sepeda motor dikarenakan masih belum ada transportasi umum menuju lokasi.

Biaya :

Untuk menuju ke Air Terjun Tanjung Raja kamu tidak dikenakan biaya masuk namun hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000. Apabila travelers ingin menyewa angkutan umum dari Medan, biaya sewa kurang lebih sebesar Rp. 400.000 (sudah termasuk minyak) namun belum termasuk konsumsi supir.

Tips :

  1. Lebih baik menggunakan sandal gunung untuk datang ke Air Terjun Tanjung Raja, karena selain licin kamu juga akan melewati jalur air untuk sampai ke tempat yang lebih bagus.
  2. Jika ingin mandi dan merasakan dinginnya Air Terjun Tanjungn Raja disarankan untuk membawa sarung, sebab tidak ada fasilitas kamar mandi untuk kamu mengganti pakaian.
  3. Selalu jaga barang bawaan travelers jika sedang beraktifitas di Air Terjun Tanjung Raja.

Hanya ada dua yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, KENANGAN dan JEJAK KAKI, SALAM TRAVELER ULUNG 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s