Air Terjun Sipiso-piso – Sumatera Utara

Halo travelers, sudah lama tidak update perjalanan, ternyata semester akhir perkuliahan membuat mood menjadi tidak menentu hahaha, saya akan mencoba menulis beberapa perjalanan tahun 2015 ini sebelum pergantian tahun, so keep stay ya travelers.

Kali ini saya akan menulis tentang perjalanan ke objek wisata yang ada di Sumatera Utara tepatnya berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.  Nama objek wisata ini adalah Air Terjun Sipiso-piso. Sipiso-piso sendiri artinya Pisau, dimana mengandung makna  air terjun sipiso-piso diibaratkan pisau yang tajam.

Perjalanan dari kota Medan ke tempat wisata air terjun Sipiso-piso sendiri kami lakukan menggunakan mobil yang disewa dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam, namun jika dihari libur bisa memakan waktu lebih lama dikarenakan banyaknya wisatawan yang akan menikmati liburan disekitar daerah Berastagi.

Sesampainya di pintu masuk Air Terjun Sipiso-piso, kita akan dikenakan biaya masuk. Tapi pada saat itu kami masuk dengan GRATIS! ini dikarenakan kami membawa teman yang memiliki akses ke tempat wisata tersebut. Sesampainya di wisata tersebut kita sudah dapat melihat Air Terjun Sipiso-piso. Tapi jika ingin merasakan air terjun dari dekat harus berjalan lagi sekitar 30 menit dengan medan yang harus dilalui adalah ratusan anak tangga.

Tidak lengkap rasanya jika sudah berada di Air Terjun Sipiso-piso tidak menikmati airnya secara langsung, jadi kami memutuskan untuk merasakan sensasi Ari Terjun Sipiso-piso dari dekat. Sepanjang jalan kita akan menemukan beberapa tempat yang disediakan untuk beristirahat, ini dikarenakan medan yang dilalui cukup berat walaupun melewati anak tangga, namun jika tidak sering olahraga maka akan terasa berat.

Sebelum masuk lebih dekat dengan Air Terjun Sipiso-piso kita akan dikutip lagi uang masuk sebesar Rp. 2.000 dengan alasan untuk kebersihan objek wisata Air Terjun Sipiso-piso. Dikarenakan aliran air terjun yang memiliki arus yang cukup deras, kami menikmati air terjun Sipiso-piso hanya dari tebing yang berdekatan dengan air terjun.

Bbbbrrrrrrrr! itulah yang kami rasakan, dingin dan subhanallah LUAR BIASA! air yang dingin dipadukan dengan hembusan angin dan air yang jatuh seperti hujan membuat kami merasakan sensasi seperti mandi di shower yang begitu besar. Seperti lagu Jamrud “Ada Pelangi Dimatamu” ternyata dapat kita rasakan sendiri ketika berada di tebing dekat air terjun Sipiso-piso lo travelers. Jadi jangan terlewatkan untuk menikmati sensari Air Terjun Sipiso-piso secara langsung.

Fasilitas :

Di lokasi wisata Air Terjun Sipiso-piso terdapat rumah makanan muslim yang dapat travelers nikmati, mushola dan juga kamar mandi yang memungkinkan kamu untuk menggunakannya. Namun jika kamu ingin menggunakan mushola dan kamar mandi diharapakan menyediakan uang kecil karena dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp. 2.000.

Tips :

  1. Jangan menggunakan sandal jepit ataupun sepatu yang licin jika ingin turun ke objek wisata air terjun ini, dikarenakan medan yang cukup licin dan berlumpur.
  2. Jika memiliki fisik yang kurang fit, jangan paksakan diri untuk turun melihat air terjun dari dekat, dikarenakan akan banyak anak tangga yang akan kamu lalui dan menguras banyak tenaga.
  3. Jika kamu yang ingin menyewa mobil pribadi untuk melakukan perjalanan, kisaran harga Medan-Berastagi sebesar Rp. 350.000 (belum termasuk bensin mobil, namun sudah termasuk supir). Jika ingin menyewa supir, kamu hanya menanggung biaya makan selama perjalanan saja.
  4. Disarankan untuk tidak membawa beban berat ketika ingin turun menikmati air terjun. Jadi cukup bawa air minum yang cukup banyak, baju ganti apabila kamu ingin menikmati Air Terjun Sipiso-piso,  dan juga topi untuk melindungi kamu dari panas yang menyengat.
  5. Usahakan untuk beristirahat ditempat yang telah disediakan, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan.

Hanya ada dua yang wajib travelers tinggalkan di tempat wisata, KENANGAN dan JEJAK KAKI, SALAM TRAVELER ULUNG 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s